AD (728x60)

Saturday, 31 August 2019

Language Learning Continued

Share & Comment

Setelah lama absen dari dunia persilatan.... akhirnya saya kembali ke dunia hitam yang sangat adiktif; yaitu language learning.

Terakhir kali belajar bahasa asing sekitar tahun 2015, dan ada sepuluh bahasa yang saya coba pedekate-in: 3 bahasa Latin, 2 bahasa Germanic, 1 bahasa Sino, 2 bahasa Altaic, 1 bahasa Semit dan 1 bahasa Slavik.

Tahun ini, tepatnya mulai 1 Agustus pukul 15:00, saya mulai intall aplikasi Duolingo yang sebenarnya sudah lama dikenal di kalangan pelajar. Entah kenapa saya baru tertarik baru-baru ini, mungkin setelah melihat seorang teman sepantaran yang lagi asyik main aplikasi ini. Awalnya saya pikir ini aplikasi buat bocah aja.

Setiap pemula harus registrasi dulu dan mendapat alamat URL. ... di alamat tersebut mentor atau guru saya bisa memantau sejauh mana Level (tingkatan) dan berapa banyak XP (experience) yg sudah saya kumpulkan.

Alamat URL saya   http://duolingo.com/hening.paramita 

Setelah registrasi, saya coba beberapa bahasa yang pernah dipelajari. Mula-mula bahasa Spanyol dan Rusia, lalu Prancis dan Jepang. Setelah semakin nyaman, saya tambah beberapa bahasa yaitu
1 bahasa Afrika, 1 bahasa artifisial, 1 lagi bahasa Altaic, 1 bahasa Bollywood, 1 bahasa Eropa Utara yang dipakai oleh laki-laki berTartan dan 1 tambahan bahasa Latin.

Yang menarik dari Duolingo adalah kompetisi. Setiap minggu, user yang aktif mengerjakan latihan-latihan dan mengumpulkan XP paling besar bisa naik tingkat, tambah Gold (sebagai reward) dan tercatat dalam rangking tertinggi.

Hmmm....ngomong-ngomong soal kompetisi, karena skalanya internasional di Duolingo saya memutuskan untuk memakai nama 'Indonesia' sebagai nama profil saya. Itung-itung mengatasnamakan bangsa Indonesia. Puji Tuhan alhamdulillah selama ini, si profil Indonesia itu selalu ranking 1. Menjaga reputasi bangsa, gitu maksud eike.





Tags:

About the author

Hening is a laid-back ENTP (by upbringing) and a solar-Scorpio-and-lunar-Sagittarius (by birth). She believes that thrifting is an art form that helps rewire our brain circuits for the better.

 

CLIENTS (2001-2019)

SMS/Text only: +1 (646)2 333 400

Copyright © Hening Dian Paramita as TRAVELINGUIST. | Templateism